Sabtu, 20 Desember 2008

Kenapa banyak orang” gampang menilai orang lain negatif?

*Saya salah satunya. Saya selalu berpikiran negatif terhadap orang ialah untuk melindungi diri saya. Tapi bagusnya saya berusaha menutupinya sehingga orang lain tidak mengetahui kalau saya berpikiran negatif terhadapnya.

*Mungkin karena mereka belum terlalu nyaman sama diri mereka sendiri, jadi "seneng" (atau lega) kalau bisa mendapati orang lain lebih buruk daripada mereka.

*karena orang itu sulit mencari kejelekan dirinya sendiri dan mempunyai idealis yang tinggi sehingga sulit mengukur diri dan gampang menilai kesalahan orang lain

*karena sudah menjadi ciri sifat manusia, lebih cenderung dan cepat menilai sesuatu negatif daripada memberikan nilai positif.

disamping itu sudah menjadi kebiasaan kita, kalau kita cepat menilai sesuatu hanya dengan melihat bagian luarnya saja.

*penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak kata-kata negatif yang masuk ke otak kita daripada kata-kata positif. Negatif ini masuk ke alam bawah sadar dan tanpa sadar kita mungkin mengungkapkan sesuatu yang negatif tentang sesuatu atau seseorang pada suatu moment. So, memang udah dari jaman nenek moyang kita diajarin negatif terus. Kabar baiknya adalah kita bisa mengubah mindset kita hanya yang ke positif2 saja, kalau tau caranya... tinggal pilihan kita, mau jadi yang mana.

*Sekarang jamannya krisis ekonomi juga KRISIS KEPERCAYAAN.

0 komentar: